Orientasi pasar, kejujuran, dan CRM ( Customer Relationship Management )

Contoh perusahaan di Indonesia yang menggunakan orientasi pasar yaitu PT. Nike dan PT. Adidas. Kedua perusahaan peralatan olahraga tersebut bersaing satu sama lain dengan berusaha membuat produk yang memiliki kualitas yang baik, dilihat dari penampakan, keawetan dan kenyamanan saat pemakaian. Orang biasanya membeli kedua produk tersebut juga karena alasan kualitas produk yang sudah terjamin, walaupun harganya mahal. Perusahaan tersebut juga tidak lupa akan hal-hal penting terkait masalah persaingan. Masing-masing perusahan tersebut membuat suatu produk dengan melihat beberapa faktor dalam persaingan pasar. Apakah produk yang dibuat akan laku dipasaran dan disukai oleh kalangan masyarakat, ataupun malah sebaliknya. Tergantung bagaimana masing-masing perusahaan tersebut bisa melihat dari persaingan pasar di Indonesia.

Tahukah anda bahwa ternyata kejujuran termasuk salah satu kunci dari kesuksesan dalam kehidupan perdagangan, kejujuran adalah kunci dari keberhasilan dalam segala hal baik itu bisnis,dan yang lainnya. kejujuran juga adalah kunci memperbaiki diri dari kehancuran dimasa depan. Jujur itu seperti bernafas. Tidak usah belajar lebih dahulu bagaimana memulainya. Sangat sederhana, semua bisa melakukannya. Sayangnya, karena sangat sederhana itulah semua orang mudah melupakannya. Didalam perdagangan pula kita harus melibatkan kejujuran didalamnya, jika suatu usaha dihiasi dengan kejujuran maka inshaAllah usaha tersebut akan terus berjalan dengan lancar, bukan hanya sekedar lancar dan sukses tetapi juga usaha tersebut akan berkah dan maju seperti apa yang kita inginkan.

Mengapa perusahaan perlu menerapkan CRM ( Customer Relationship Management ) karena :
1. Meningkatkan nilai perusahaan
Nilai perusahaan yang akan meningkat karena dampak CRM seperti terjadinya peningkatan efisiensi operasional yang akan meminimalisir penurunan kualiatas pelayanan sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Selain itu, CRM juga dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Dimana dengan CRM perusahaan dapat menjual atau melayani dengan biaya lebih murah dalam pemasaran sehingga lebih spesifik dan terarah. Hal tersebut secara langsung membuat perusahaan mendapatkan pendapatan yang lebih dari sebelumnya.
2. Mempertahankan pelanggan yang ada
Dimana pelanggan yang ada perlu dipertahankan agar tidak berpindah kepada perusahaan lain. Cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada dapat dengan cara berkomunikasi yang baik pada saat proses transaksi maupun diluar proses transaksi. Selain mempertahankan pelanggan, CRM di suatu perusahaan akan terus berusaha mencari, dan meningkatkan pelanggan baru.
3. Membantu dalam mengembangkan produk

Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan maka akan berpengaruh pada proses pengembangan produk. Dimana perusahaan dapat menggali informasi mengenai keinginan pelanggan. Selanjutnya hal tersebut dapat dijadikan bahan dalam mengkaji produk sebelumnya dan dikembangkan agar sesuai keinginan pelanggan. Sehingga meminimalisir terjadinya pelanggan beralih pada perusahaan lain karena merasa produk belum sesuai dengan yang diinginkan.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Experience On Home Studying During Covid-19 Pandemic

Vacation In Dufan